You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Semaya
Desa Semaya

Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Acara yang akan segera dilaksanakan oleh Pemerintah Desa yaitu acara Hitanan Massal (Gratis) Akan dilaksanak di hari Rabu 17 Mei 2023 berlokasi di Kantor Desa Semaya, Gratis untuk 15 anak yang ada di Desa Semaya

Perjalanan Dinas dan Perjalanan Rutin dalam Organisasi, Apakah Berbeda?

AHMAD SUBLI, S.Adm 15 Mei 2023 Dibaca 62 Kali
Perjalanan Dinas dan Perjalanan Rutin dalam Organisasi, Apakah Berbeda?


DIFINISI PERJALAN DINAS?


Perjalanan dinas mengacu pada perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atas tugas atau kepentingan pekerjaan resmi. Ini melibatkan perjalanan ke lokasi yang berbeda, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk menjalankan tugas yang ditugaskan oleh organisasi atau perusahaan tempat seseorang bekerja.

Perjalanan dinas dapat dilakukan oleh pegawai pemerintah, anggota militer, eksekutif perusahaan, diplomat, atau siapa pun yang ditugaskan untuk melakukan tugas resmi di luar lokasi kerja mereka. Tujuan perjalanan dinas dapat bervariasi, termasuk menghadiri konferensi atau pertemuan, melakukan presentasi atau pelatihan, menjalin hubungan bisnis, melakukan penelitian atau investigasi, mengawasi proyek, atau melakukan tugas-tugas khusus lainnya.

Selama perjalanan dinas, biaya-biaya seperti transportasi, akomodasi, makanan, dan pengeluaran lainnya yang terkait dengan tugas resmi biasanya ditanggung oleh organisasi atau perusahaan yang mengirim individu tersebut. Biasanya, prosedur dan kebijakan yang jelas ditetapkan untuk mengatur perjalanan dinas, termasuk persyaratan dokumentasi, batasan biaya, dan prosedur pengajuan klaim pengeluaran.

Perjalanan dinas dapat menjadi bagian yang penting dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan, mengembangkan jaringan dan hubungan bisnis, serta memperluas pengetahuan dan pengalaman seseorang dalam lingkungan kerja yang berbeda.

APAKAH BEDANYA?

Perbedaan antara perjalanan dinas dan perjalanan rutin yang merupakan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Tujuan dan Sifat Perjalanan:
  • Perjalanan dinas: Tujuan perjalanan dinas adalah untuk menjalankan tugas resmi yang ditugaskan oleh organisasi atau perusahaan. Ini melibatkan perjalanan ke lokasi yang berbeda, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk kepentingan pekerjaan yang spesifik.
  • Perjalanan rutin yang merupakan tupoksi: Perjalanan rutin yang merupakan tupoksi mengacu pada perjalanan yang dilakukan sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi seseorang dalam pekerjaannya. Ini mencakup perjalanan yang diperlukan dalam menjalankan tanggung jawab rutin atau rutinitas sehari-hari yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang. Perjalanan ini biasanya dilakukan dalam wilayah kerja atau wilayah yang telah ditentukan sebelumnya.
  1. Frekuensi Perjalanan:
  • Perjalanan dinas: Perjalanan dinas umumnya tidak terjadi secara rutin. Ini terjadi ketika ada kebutuhan khusus untuk melakukan tugas atau kegiatan resmi di luar lokasi kerja.
  • Perjalanan rutin yang merupakan tupoksi: Perjalanan rutin yang merupakan tupoksi cenderung terjadi secara berulang-ulang atau rutin sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi seseorang. Ini bisa menjadi bagian yang terjadwal secara teratur dalam pekerjaan seseorang.
  1. Pembiayaan:
  • Perjalanan dinas: Biaya perjalanan dinas biasanya ditanggung oleh organisasi atau perusahaan yang mengirim individu tersebut. Organisasi memberikan tunjangan perjalanan dan mengatur prosedur pengajuan klaim pengeluaran yang sesuai.
  • Perjalanan rutin yang merupakan tupoksi: Biaya perjalanan rutin yang merupakan tupoksi biasanya ditanggung oleh individu atau organisasi itu sendiri, karena perjalanan tersebut dianggap sebagai bagian dari tanggung jawab rutin pekerjaan yang telah ditetapkan.

Perjalanan dinas dan perjalanan rutin yang merupakan tupoksi memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda. Perjalanan dinas berkaitan dengan tugas khusus yang ditugaskan, sementara perjalanan rutin yang merupakan tupoksi merupakan bagian yang terjadwal secara teratur dalam pekerjaan seseorang.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image