You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Semaya
Desa Semaya

Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Acara yang akan segera dilaksanakan oleh Pemerintah Desa yaitu acara Hitanan Massal (Gratis) Akan dilaksanak di hari Rabu 17 Mei 2023 berlokasi di Kantor Desa Semaya, Gratis untuk 15 anak yang ada di Desa Semaya

Kepala Desa Semaya Mendukung Penuh Kegiatan Posyandu dan Peningkatan Gizi Masyarakat

AHMAD SUBLI, S.Adm 13 Maret 2020 Dibaca 108 Kali
Kepala Desa Semaya Mendukung Penuh Kegiatan Posyandu dan Peningkatan Gizi Masyarakat

Pemerintah desa semaya meberikan perhatian lebih kepada kegiatan posyandu, terbukti dengan keseriusan pemerintah desa dalam meningkatkan pasilitas dan pelayanan posyandu tersebut setiap tahunnya. Pada tahun ini anggaran posyandu dianggarkan meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga apa yang menjadi visi misi kepala desa semaya yaitu mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup warganya bisa berhasil dengan sukses.

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

  1. Penimbangan Balita:

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.

  1. Imunisasi 
    Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi. Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah :
    - BCG untuk mencegah penyakit TBC.
    - DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
    - Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
    - Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  2. Peningkatan Gizi 

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

  1. Penanggulangan diare 

Penyediaan oralit di posyandu. Melakukan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di Puskesmas. Memberikan penyuluhan penggulangan diare oleh kader posyandu.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image